bandar303
Promo

Bertemu Bareo Legit Saat Belanja Oleh-oleh di Pasar Pagi Cirebon


By on 11.42

Premix; RM 5Vitamin; RM 6Vitamin and Mineral PremixesBluestarSapphire SpringsMonairVaksin; MEVAC ACYW 135Vaksin; MENVEO MENINGOCOCCAL Group A, C, W135LumbricumJakarta - Setelah mencicipi makanan khas Cirebon, kini saatnya membeli penganan khas untuk dibawa pulang. Kota Udang ini memiliki beberapa pusat oleh-oleh. Mana yang paling murah dan lengkap?

Toko oleh-oleh yang paling terkenal di Cirebon adalah Toko Sinta Manisan. Berlokasi di Jalan Lemahwungkuk, dekat Pasar Kanoman, tempat ini menjadi tujuan utama para pelancong untuk berbelanja buah tangan.

Seperti namanya, Toko Sinta Manisan menjual beraneka manisan. Tak hanya itu, oleh-oleh khas Cirebon seperti aneka kerupuk, olahan udang, sirup Tjampolay, dll juga bisa dibeli di sini. Semuanya sudah terbungkus rapi dengan plastik. Selain lengkap, tempatnya juga rapi, nyaman, dan ber-AC.

Namun, kalau Anda tak keberatan dengan suasana pasar yang ramai dan tak berpendingin ruangan, Anda bisa mampir ke Pusat Grosir Cirebon di Jalan Siliwangi. Di tempat yang dulu dikenal dengan nama Pasar Pagi ini, Anda akan menemui banyak pengemis yang datang silih berganti. Namun, harga oleh-olehnya relatif lebih murah.

Ada beberapa toko oleh-oleh di Pasar Pagi yang terletak berderetan, seperti toko Senang, Pangestu, Lezat, Budiman, Sumber Ikan Asin, Daud, dll. Sebagian menghadap deretan warung makan, sementara sebagian lagi terletak dekat dengan pasar basah.

Salah satu toko yang paling besar dan ramai adalah Toko Senang. Dibandingkan Toko Sinta Manisan, toko ini lebih kecil namun tak kalah lengkap. Makanya, tanpa pengunjungpun toko ini sudah dipadati barang-barang.

Di sini tersedia sirup Tjampolay aneka rasa, terasi dan aneka olahan udang, kerupuk melarat dan variasi kerupuk lainnya, teh poci, manisan, bagelen, sampai bermacam-macam ikan asin. Ada yang sudah dikemas dalam plastik, adapula yang dijual kiloan.

Harganya tak tertera, jadi Anda harus rajin-rajin bertanya kepada pelayan toko. Namun tak perlu khawatir, karena mereka akan dengan sigap melayani, mengambilkan, dan mengumpulkan belanjaan Anda di meja kasir. Usai berbelanja, Anda akan ditawari ingin mengepak belanjaan dengan kardus atau kantung plastik.

Sambil memasukkan barang-barang dan menghitung total harganya, pelayan akan memastikan bahwa belanjaan Anda tak tertukar dengan pelanggan lain atau ada oleh-oleh yang tak sengaja masuk. Setelah ditotal, Anda bisa merayu si pemilik toko untuk memberikan potongan harga karena telah berbelanja banyak.

Detikfood mampir ke Toko Senang dan jadi kalap ingin mengambil semua! Namun, di antara deretan stoples besar bagelen dan bolu kering, ada satu yang menarik perhatian. Namanya 'bareo'.

Bareo adalah singkatan dari bagelen Oreo. Ya, penganan kering dan renyah ini berwarna hitam dengan krim putih seperti biskuit Oreo. Tampilannya memang kurang menarik dibanding bagelen biasa yang berwarna kuning keemasan. Namun, karena penasaran, sayapun membeli 1/4 kg bareo dengan harga Rp 17.500.

Kalau dilihat-lihat, tampilannya seperti bagelen berjamur. Saya yang kadung mengharapkan rasa khas Oreo yang manis biskuit jadi kecewa. Ternyata rasanya tak berbeda dengan bagelen biasa, hanya tampilannya yang mengundang rasa ingin tahu. Saat digigit, roti kering ini terasa renyah dan sedikit kenyal saat gigi menyentuh krimnya yang manis.

Jadi, kalau ingin membeli oleh-oleh di tempat yang nyaman, datanglah ke Sinta. Namun, kalau Anda ingin berburu penganan khas Cirebon dengan harga miring, Anda bisa mampir ke Pasar Pagi. Selamat berbelanja!

(odi/fit)

About Syed Faizan Ali

Faizan is a 17 year old young guy who is blessed with the art of Blogging,He love to Blog day in and day out,He is a Website Designer and a Certified Graphics Designer.