bandar303
Promo

Rasa Apel Jadi Kurang Renyah dan Manis Akibat Pemanasan Global


By on 03.55

Jakarta - Pemanasan global rupanya berdampak serius pada produk-produk pertanian. Berdasarkan sebuah penelitian di Jepang, pemanasan global mampu membuat apel yang tadinya segar dan renyah jadi kurang enak.

Apel adalah termasuk salah satu buah yang paling banyak dikonsumsi di seluruh dunia. Produksi apel setiap tahun juga dapat mencapai 60 juta ton. Apel dikenal sebagai buah yang memiliki rasa manis yang segar dan tekstur renyah.

Seperti yang dilansir situs iFood (16/08/2013), sebuah penelitian di Jepang menganalisis data dari tahun 1970 sampai 2010 terhadap dua jenis Apel asal Jepang. Penelitian ini meneumkan bahwa pemanasan global berdampak serius pada rasa dan tekstur buah apel.

Hasil penelitian yang ditulis pada jurnal berjudul “Nature Scientific Reports”, ini menyebutkan bahwa pemanasan global mempengaruhi musim mekarnya bunga apel. Temperatur tinggi juga ikut berperan pada proses bunga apel berkembang menjadi buah.

Penelitian yang dilakukan di Jepang mencoba menguji dua jenis apel asal Jepang, yaitu apel Fuji dan apel Tsugaru. Pengujian membuktikan bahwa kedua jenis apel kehilangan rasa asam, rasa segar berair, dan renyah. Tetapi tidak berpengaruh pada kandungan gula yang terdapat pada apel.

Menurut Toshihiko Sugimura, salah satu peneliti yang juga bekerja di Natural Institute of Fruit Tree Science, Fujimoto, Jepang, apel yang makin manis merupakan perkembangan positif. Sebaliknya apel yang kurang renyah merupakan kekurangan yang sangat disayangkan.

(odi/dni)


About Syed Faizan Ali

Faizan is a 17 year old young guy who is blessed with the art of Blogging,He love to Blog day in and day out,He is a Website Designer and a Certified Graphics Designer.