bandar303
Promo

Pa' Oyen Bandung : Jajan Siomay Komplit Plus Es Oyen yang Sedap Mantap


By on 09.09

Makanan Ringan, Bakery dan Bahan RotiPandan PastaOrange Crush PastaNanas PastaBaso YANGINI,Daging Segar; VILLADaging Berbumbu BABARAFIJakarta - Siomay ikan khas kota kembang ini lembut dengan rasa ikan yang gurih. Disajikan komplit dengan kol, kentang, tahu dan telur. Diaduk dengan saus kacang berwarna cokelat dan kucuri sedikit jaruk limau. Wah sedapnya!

Ternyata tak perlu ke Bandung buat makan siomay enak. Di jalan Ampera Raya ini ada kedai siomay Bandung yang terkenal, Pa' Oyen Bandung. Tempatnya sederhana dan menempati bangunan ruko dengan tulisan nama kedai yang besar, sehingga mudah ditemukan.

Selain siomay ada juga pilihan menu khas Bandung lainnya, seperti batagor, mie kocok, sate ayam, sate kambing dan sop. Juga minuman khas Bandung yang cukup terkenal yaitu es oyen. Untuk pilihan lainnya ada es kelapa dan es alpukat. Hmm... serba menggiurkan!

Untuk menebus kangen Bandung, sepiring siomay komplet (Rp. 18.000) dan semangkuk es oyen (Rp. 12.000) jadi menu pilihan. Siomay sebenarnya salah satu jenis dumpling dalam dimsusm. Umumnya berisi adonan ayam atau udang dan dibungkus adonan kulit yang tipis lalu dikukus.

Dalam bahasa Mandarin disebut shaomai dan dalam bahasa Kanton disebut siu maai. Meski berasal dari Mongolia Dalam, namun mengalami adaptasi dengan citarasa lokal hingga tampilannya seperti siomay Bandung. Disajikan dengan saus kacang yang kental pedas.

Di sini pilihan siomaynya cukup beragam dan bisa dipilih sesuai selera. Di dalam panci besar yang mengepul masih komplit ada siomay ikan, kentang, kol, tahu dan telur ayam. Semuanya berukuran jumbo dan penuh sesak di dalam panci. Tak heran jika siomay komplit yang dipesan berporsi royal.

Hanya menunggu beberapa menit sepiring siomay tersaji di meja, lengkap dengan tahu putih, kentang, kol, tahu juga sebutir telur ayam. Semuanya dipotong-potong ukuran sedang, sedangkan saus kacangnya di sisinya dan dikucuri kecap manis. Wah, aroma sausnya benar-benar gurih mantap!

Benar saja, saat mencicipi sepotong siomay teksturnya padat namun terasa lembut saat dikunyah. Rasa gurih daging ikannya sangat kuat, meski belum dicocol ke dalam sambal kacang. Makin dahsyat rasanya saat dicocol ke dalam sambal kacang yang sudah diberikan kucuran air jeruk limo. Nyam, gurih, manis dan asam pedas!

Meski hanya direbus namun teksturnya tak kalah enak. Kolnya digulung memanjang dan direbus hingga lunak, namun tidak meninggalkan tekstur renyah khas kol. Begitu juga dengan kentang, tahu dan telur ayamnya dengan tingkat kematangan yang pas.

Sebagai pembilas, es oyen memang paling cocok. Sekilas es oyen mirip seperti es campur, karena isiannya komplet muolai dari sagu mutiara, kelapa muda, kolang-kaling dan alpukat, diberi serutan es plus susu kental manis di atasnya.

Rupanya es campur ini tak terlalu manis. Ada tekstur renyah kelapa muda dan alpukat yang empuk. Juga kenyal-kenyal dari kolang kaling dan sagu mutiara. Agaknya tak salah kami memilih jajan siomay Bandung buat makan siang ini. Padahal kami masih penasaran dengan batagor buatan Pa' Oyen yang terkenal enaknya.

Pa' Oyen Bandung
Jl. Ampera Raya No.7C
Jakarta Selatan
Telepon : 021-7802582 / 081511002557

(odi/dyh)


About Syed Faizan Ali

Faizan is a 17 year old young guy who is blessed with the art of Blogging,He love to Blog day in and day out,He is a Website Designer and a Certified Graphics Designer.