bandar303
Promo

Peneliti Berhasil Olah Bubuk Kopi Jadi Minuman Setara Vodka


By on 09.26

Snackit Moon CakeSnackit Kue Pia 100 rasa rasa pandanSnackit Kue Pia 100 rasa kacang merahYANGINI BASO IKANVINISITepung EbiPremix; RM 5Vitamin; RM 6Vitamin and Mineral PremixesJakarta - Jangan buang bubuk kopi yang tak terpakai. Meski sudah tak nikmat lagi diseduh menjadi minuman kopi, ternyata bubuk kopi buangan ini bisa diolah menjadi minuman beralkohol.

Seperti dimuat di jurnal LWT - Food Science and Technology, tim peneliti dari Spanyol dan Portugal berhasil menemukan cara membuat minuman beralkohol dari bubuk kopi. Tak main-main, kandungan alkoholnya 40% atau setara vodka dan tequila!

Mereka menggunakan bubuk kopi kering tak terpakai dari sebuah perusahaan kopi di Portugal. Prosesnya mirip dengan distilasi whiskey dan rum dari gandum dan molasses. Kopi dimasak dengan air pada suhu 163 C selama 45 menit, lalu cairannya dipisahkan.

Gula ditambahkan, disusul ragi, lalu dibiarkan berfermentasi. Minuman ini kemudian dibuat menjadi konsentrat untuk menaikkan kadar alkoholnya. Meski rasa dan aromanya seperti kopi, sebagian besar kafeinnya hilang saat proses pembuatan.

Delapan orang ahli yang mencicipinya mengatakan bahwa rasanya pahit dan 'pedas'. Walaupun bisa diminum begitu saja, menurut mereka rasanya bisa ditingkatkan dengan menyimpannya (aging).

Menurut Daily Mail (09/08/13), inilah pertama kalinya bubuk kopi digunakan untuk menghasilkan alkohol. Pasalnya, Kahlua atau liqueur coffee seperti Irish coffee hanya berupa campuran kopi dan minuman beralkohol. Selain untuk dikonsumsi, kopi juga pernah dimanfaatkan untuk biofuel.

(odi/fit)


About Syed Faizan Ali

Faizan is a 17 year old young guy who is blessed with the art of Blogging,He love to Blog day in and day out,He is a Website Designer and a Certified Graphics Designer.